Lain-lain

Tujuannya apa sih kita Bersekolah, agar Pintar?

Kalau ditanya banyak orang mengenai tentang apa gunanya sekolah, pasti barangkali banyak yang menjawab “supaya jadi anak pintar” atau “biar dapat banyak uang nanti”. Tapi sebenarnya ada sesuatu di balik gunanya bersekolah. Jadi, apa saja ya?

1. Mendapatkan ilmu yang jarang ditemukan di tempat lain Ilmu

Ilmu fisika? Ada. Ilmu matematika? Pasti diajarkan dari TK hingga perguruan tinggi. Memang banyak ilmu yang kita raih di masa kita bersekolah. Tapi ada satu ilmu yang sulit kita temukan di luar sekolah yaitu tata krama dan kedisplinan. Di sekolah, kita diajarkan untuk datang tepat waktu dengan jam yang ditentukan oleh sekolah itu sendiri dan kita juga harus memakai seragam sekolah yang sesuai dengan harinya.

Aku sadar, ini merupakan alasan untuk membuat kita disiplin apabila nanti sudah bekerja dan berhubungan dengan banyak rekan kerja ataupun bos. Bagaimana jika kita tidak tahu cara memakai dasi atau mengenakan pakaian bersih atau tidak lecek ke kantor?

2. Sarana menemukan jati diri dan belajar bersosialisasi Sekolah

Jika pernah belajar mengenai ilmu sosiologi, di sana dikatakan bahwa sekolah merupakan agen sosiolisasi kedua setelah ayah dan ibu yang dapat membentuk karakter anak nantinya. Mengapa demikian? Sekolah membuat anak paham bahwa hidup bukan hanya berhubungan dengan satu bagian saja, yaitu keluarga, tapi juga berhubungan dengan orang-orang lain di luar keluarga (termasuk guru, teman atau staff sekolah).

3. Sekolah bukan soal menghapal mudah

Kalau tujuan bersekolah hanya untuk mencari nilai bagus dengan cara menghafal semua materi pelajaran semalaman (kemungkinan esok-esok harinya sudah meluap ilmunya) supaya bisa cari kerja nantinya dengan IPK 4.00, itu salah total. Sebenarnya jaman sekarang banyak perusahaan yang juga mementingkan pengalaman, bukan hanya soal nilai dari jurus menghafal. Yang terpenting untuk mendapatkan nilai tinggi ialah mengerti bagaimana pengaplikasian ilmu tersebut di dalam kehidupan sehari-hari, termasuk saat dunia kerja dimulai.

4. Tempat ditemukannya sebuah kebanggaan Kebanggaan

Saya percaya sekolah merupakan ladang pengalaman. Ada orang yang cemerlang di bidang akademik sehingga mereka bisa meraih sampai ke lomba SAINS nasional. Atau ada orang yang memiliki keinginan untuk mengembangkan diri di bidang olahraga sehingga berniat menjadi atlet sebagai cita-citanya. Dari sebuah pengalaman, di sana terciptalah kebanggaan yang sejati.

5. Memaknai arti persaingan dan persahabatan

Persahabatan atau persaingan?. Menurut orang tua saya dulu, sekolah merupakan tempat persaingan yang bisa disebut sebagai bagian dari hukum alam. Kalau saya mendapatkan juara pertama di kelas, itu bisa diartikan bahwa saya telah berhasil mengalahkan semua lawan saya di kelas. Dan itu bukanlah arti sekolah. Tapi, sekolah mengubah persepsi tentang persaingan menjadi kebanggaan bersama saat saya dan teman-teman bisa sukses bersama melewati semester yang melelahkan ataupun ujian yang sangat berat.

Yang diharapkan dari sekolah ialah membangun persahabatan dari hanya sebuah pertemuan sehari-hari. Mungkin saja kita bisa jalan-jalan atau belajar bareng selepas pulang sekolah. Dan semua itu saya rasakan sampai saat ini walau saya sudah empat tahun melepas masa SMA. Saya paham bahwa persahabatan akan selalu abadi sampai kapanpun meskipun saya dan teman-teman sudah tidak lagi merasakan masa-masa sekolah.

Sumber: hipwee

Editor: Khofifah ( SMK ISTHIFAIYYAH NAHDLIYAH PEKALONGAN )

Facebook Comments