Features

Mie So Dengkil Mbak Maimanah Menggugah Selera

Mie So Dengkil Mbak Maimana

RAMAI – Pembeli sedang menikmati sajian Mie So Dengkil Mbak Mai Manah Krapyak Lor, Pekalongan Utara.
LAILATUL MAFIYAH

Menengok Usaha Kuliner Khas Pekalongan

Mie so dengkil, makanan asli Krapyak, Pekalongan Utara ini menjadi kuliner khas Pekalongan. Paduan mi, kulit mlinjo, dengkil sapi, dan kuah segarnya mampu menggugah selera. Seperti apa? LAILATUL MAFIYAH, PEKALONGAN

Semangkuk Mie So Dengkil tersaji di atas meja, aroma kuahnya melebur bersama udara. Dalam satu porsi mie so dengkil ini terdapat mie, kulit melinjo, kerupuk pasir dan keripik tempe yang diremuk, daun bawang, dengkil sapi, bakso, dan daging iga bersama kuah segar yang lezat. Maimanah, istri Adi Putra memasak sajian mie so ini dari resep turun temurun yang menyajikan cita rasa asli Pekalongan.

Adi Putra mengaku telah membuka lapaknya selama tujuh tahun. Bersama istrinya ia rintis usaha mulai dari sajian mie so sederhana, dan sekarang banyak varian mie so dengkil dari harga Rp2.500 sampai dengan Rp17.000.

Setiap hari 100 mangkuk ludes dibeli, bahkan pelanggannya banyak yang dari luar kota seperti Pemalang dan Batang. “Tak heran orang jauh-jauh kemari untuk menikmati mie so dengkil karena varian mie so yang kami jual bertambah, ada mie so telur puyuh, mie so bakso iga, dan kami kembangkan lagi sesuai permintaan pembeli,” katanya.

Mie so dengkil lezat ini proses masaknya tak mudah, dengkil dan iga dipresto sehingga teksturnya empuk. Sebagian dengkil atau tulang kaki sapi dimasak untuk dijadikan kuah mie so. Tak heran meskipun kuahnya bening baunya sangat sedap.

Setiap hari Adi membuka lapaknya di Krapyak Lor dekat dengan tower mulai pukul setengah sembilan pagi sampai dengan pukul tiga sore. Adi mengatakan menerima pesanan siap antar dengan pemesanan minimal 20 bungkus. Begitu juga untuk kegiatan seperti gathering yang memesan dalam jumlah banyak Adi bersama istri mengaku siap.

Saat ini Adi meraup untung puluhan juta tiap bulannya. Ke depannya ia ingin lebih mengenalkan mie so dengkil sebagai makanan khas Pekalongan, bahkan ia berencana untuk membuka cabang lagi. (*)

Penulis: Lailatul Mafiyah & Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments