Radar Batang

IPM Batang Masih Rendah

Bimtek SPAN PTKIN

SAMBUTAN – Bupati Batang memberi sambutan pada Bimtek Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2018, di gedung Pramuka, Selasa (13/2).
M Dhia Thufail

BATANG – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Batang tercatat masih rendah. Hal itu ditunjukkan dengan masih banyaknya problem siswa putus sekolah dan anak anak yang belum mengenyam bangku pendidikan.

Bupati Batang, Wihaji mengatakan bahwa salah satu ukuran pembangunan suatu daerah dapat dilihat dari IPM. Namun, di Kabupaten Batang sendiri, tingkat IPM nya masih rendah, yang dapat dilihat dari faktor pendidikan masyarakat setempat.

“Masih banyak problem di bidang Pendidikan. Karena masih banyak anak yang belum bisa menikmati bangku sekolah, khususnya di Pantura. Selain itu, juga tingkat pendidikan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi masih rendah,” ungkap Wihaji, saat menghadiri Bimtek Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2018, Selasa (13/2).

Oleh karenanya, kata Wihaji, pihaknya akan berupaya untuk mendorong masyarakat Kabupaten Batang untuk dapat melanjutkan jenjang pendidikan sampai dengan Perguruan Tinggi. Dan meminta kepada para Kepala Sekolah untuk mendorong murid murid agar mau melanjutkan sekolah.

“Kami akan berusaha untuk meningkatkan IPM Kabupaten Batang. Pemkab Batang juga akan memberikan beasiswa kepada siswa-siswa yang berprestasi. Karena ini bagian dari komitmen kepala daerah untuk membantu bagaimana menaikan IPM di Kabupaten Batang,” katanya.

Sementara, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Batang, Khudaefah berharap, dengan adanya gelaran Bimtek yang diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga tersebut, dapat memberikan dorongan dan semangat kepada para pelajar untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Harapan kami dalam forum bimtek ini betul-betul dapat bersinergi dalam rangka memikirkan generasi penerus kita, anak-anak didik kita yang salah satu nilai positif agar menjadi generasi penerus yang betul-betul pintar, mumpuni dan berakhlakulkarimah. Sehingga, dapat meningkatkan IPM Kabupaten Batang,” pungkasnya. (fel)

Penulis: M. Dhia Thufail & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments