Radar Kajen

Dikenalkan Berita Anti Hoax

Jurnalistik Berita Anti Hoax

MENGENALKAN – Ratusan siswa siswi SDM Kajen dikenalkan karya jurnalistik guna menghindari adanya kabar hoax.
TRIYONO

Ratusan siswa-siswi SD Muhamadiyah Kajen dikenalkan profesi jurnalistik. Kegiatan itu dilaksanakan guna memberikan pengetahuan tentang dunia junalistik sekaligus menangkal berita hoax atau berita bohong.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan siswa siswi kelas V dan VI SDM Kajen digelar di ruang setempat, Selasa (13/2) dengan narasumber dari perwakilan PWI Kabupaten Pekalongan. Kegiatan juga dibuka oleh Pengawas Dindikbud Dabin IV, Eni Anisa yang secara dimbolis menyematkan tanda peserta.

Kepala SDM Kajen, Mustariadi, menyampaikan bahwa jurnalistik memberi banyak kontribusi bagi perkembangan media massa. Karena berkat jurnalistik teknologi banyak dibaca orang. Jurnalistik ini juga banyak memberikan banyak manfaat untuk perkembangan skil.

“Untuk itu pelajar perlu dikenalkan karya jurnalistik. Melalui pelatihan jurnalistik ini mampu menumbuhkan skil dan kreativitas anak- anak dalam penulisan,” terangnya.

Sementara dalam kesempatan itu, Ari Himawan selaku narasumber menyampaikan tentang cara penulisan dan pengambilan video untuk dijadikan berita. Ari menyampaikan bahwa dalam mengambil gambar kamera harus sejajar dengan mata, tidak goyang dan fokus.

“Adik- adik juga harus tahu membedakan berita fakta dan benar, karena adanya berita hoax itu cukup menyesatkan. Untuk membedakan hoax atau tidak maka harus adanya konfirmasi kepada pihak terkait,” terangnya.

Sementara pemateri lainnya, Triyono menyampaikan bahwa dalam penulisan berita itu ada kode etik dan memenuhi unsur 5w 1H. Dengan memenuhi unsur tersebut maka berita mudah dibaca dan dimengerti.

“Dalam menentukan judul juga harus diambil hal menarik, sehingga menarik pula untuk dibaca sampai selesai,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, siswa siswi juga langsung mempraktikan cara berwancara dengan baik, dengan narasumber salah satu siswa yang berhasil menjadi juara 1 dalam OSN tingkat Kecamatan Kajen. (yon)

Penulis: Triyono & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments