Radar Kendal

SMAN 1 Kendal Resmikan Gedung LSBF Saraswati

Gedung LSBF Saraswati Diresmikan-TANDA TANGAN

TANDA TANGAN – Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr Restu Gunawan MHum menandatangani prasasti.
AKHMAD TAUFIK / RADAR PEKALONGAN

*Gedung Laboratorium Seni Budaya dan Film (LSBF) Saraswati

KENDAL – Pada Sabtu (10/2) SMAN 1 Kendal meresmikan Gedung Laboratorium Seni Budaya dan Film (LSBF) yang diberi nama Saraswati, peresmian tersebut langsung dilakukan oleh Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr Restu Gunawan MHum. Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Deputi IV Kepresidenan Bidang Komunikasi Politik dan hadir pula Drs HA Mujib Rohmat MH yang merupakan Anggota FPG Komisi X DPR/MPR-RI Dapil 1 Jateng. Kegiatan tersebut juga dibarengi dengan acara pentas penghargaan yang merupakan ajang apresiasi bagi para siswa yang berprestasi dalam bidang olah raga, seni dan budaya selama satu semester.

Kepala SMA N 1 Kendal, Sunarto SPd MPd, mengatakan bahwa LSBF Saraswati merupakan fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar yang dikhususkan sebagai apresiasi kepada para siswa untuk pengembangan kemampuan dalam hal seni budaya serta penanaman pendidikan karakter.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia karena sudah mempercayakan SMAN 1 Kendal untuk menerima bantuan Gedung LSBF ini. Gedung LSBF merupakan sarana terbaru bagi siswa yang diperuntukan untuk kegiatan-kegiatan seni budaya dan juga untuk menunjang pembentukan karakter siswa,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Gedung LSBF Saraswati memiliki beberapa kemapuan seperti dapat merekam secara segala aktifitas yang ada di dalam ruangan secara visual dan audio dengan dibekali kapasitas 120 orang, luas panggung sendiri 4 x 8 meter, dimensi ruang 16 x 12 meter dengan daya listrik 11.000 watt. Tidak hanya itu saja, pendingin ruang atau AC 14 PK, audio system PMPO sebesar 5000-10.000 watt, system speaker line array dan aktif satelite speaker surround, system recording 16 chanel input simultan, sistem theater 2×3 screen and wide projector 3000 ansi lumen dan PC-Editing high spek for recording and movie editor. Gedung LSBF tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat tahun 2017 dan seluruh Indonesia hanya ada 6 sekolah yang menerima yakni Palembang, Sampit, Tanggerang, Atambua, Papua dan Kendal. Dari seluruh daerah yang diberikan bantuan SMAN 1 Kendal menjadi yang terbaik dari sisi kualitas dan kualifikasi gedung karena ada penambahan dana dari sharing masyarakat.

“Pembangunan gedung ini merupakan dana bantuan pemerintah pusat dan di dukung dana sharing masyarakat dengan nilai total mencapai Rp750 jutaan, spesifikasi pembangunan gedung tersebut melebihi kualifikasi yang diberikan pemerintah dan SMAN 1 Kendal menjadi yang terbaik se-Indonesia berkaitan dengan spesifikasi gedung tersebut menurut tim monitoring dari Kementrian Pendidikan. Tentunya kami sangat beruntung karena dari beberapa daerah di Indonesia kami SMAN 1 Kendal mendapat kepercayaan tersebut, hal tersebut tak lepas dari SMAN 1 Kendal sebagai sekolah rujukan yang memberikan proses pembelajaran tidak hanya secara akademis namun juga diluar akademis salah satunya seni dan budaya,” imbuhnya.

Pihaknya berharap dengan fasilitas Gedung LSBF Saraswati tersebut maka para siswa dapat memanfaatkan secara maksimal untuk peningkatan atau pengembangan talenta siswa itu sendiri. Selain itu para siswa juga dapat meningkatkan kreatifitas dan kualitasnya.

“Tentunya kami berharap dengan adanya fasilitas ini akan membawa banyak manfaat, kami berharap akan lahir karya seni yang baik dari siswa dan semoga muncul seniman-seniman baru dari SMAN 1 Kendal. Kreatifitas anak-anak juga semakin baik dan maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr Restu Gunawan MHum, mengatakan dirinya sangat terkesan dengan apa yang sudah dibangun SMAN 1 Kendal karena melebihi ketentuan yang telah diberikan dari pemerintah. Pihaknya juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah ikut serta dalam pembangunan gedung tersebut. Pihaknya berharap dengan adanya fasilitas tersebut maka inovasi dan kreatifitas anak-anak semakin terpacu yang menjadikan prestasi siswa-siswi SMAN 1 Kendal semakin baik.

“Yang jelas saya sangat kaget, kagum dan bangga karena apa yang telah dibangun ini melebihi ekpektasi kami. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembangunan gedung LSBF Saraswati ini karena dari informasinya dana dari pemerintah di tambah dengan dana sharing masyarakat sehingga dapar terwujud bangunan LSBF Saraswati yang luar biasa ini. Tentunya kami berharap bahwa dengan adanya fasilitas ini kualitas siswa-siswi SMA N 1 Kendal semakin baik dan pendidikan di Kendal semakin berkualitas. Kami juga ucapkan selamat atas diresmikannya gedung ini semoga membawa manfaat dan kesuksesan,” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Tokoh masyarakat Kendal yang juga Anggota FPG Komisi X DPR/MPR-RI Dapil 1 Jateng, Drs HA Mujib Rohmat MH, menyampaikan rasa bangganya kepada SMAN 1 Kendal karena menjadi yang terpilih diantara banyak daerah di Indonesia untuk menerima bantuan gedung LSBF.

Ia juga berterima kasih atas bantuan semua pihak dan masyarakat yang sudah membantu pembangunan gedung LSBF tersebut, itu artinya masyarakat Kendal peduli dengan pendidikan.

“Saya ucapkan selamat atas peresmian gedung LSBF Saraswati ini, sebagai orang Kendal saya merasa bangga karena dari banyak daerah yang ada di Indonesia SMAN 1 Kendal menjadi salah satunya. Tentunya ini menjadi angin segar bagi pendidikan di Kendal karena selama ini tingkat pendidikan di Kendal belum begitu tinggi. Saya juga berharap bahwa dengan adanya fasilitas ini kreatifitas anak-anak SMAN 1 Kendal semakin meningkat dan dapat berkiprah di tingkat nasional maupun internasional,” katanya.

Ia juga menyampaiakan bahwa bagi siapapun khususnya siswa SMAN 1 Kendal dan pada umumnya anak-anak Kendal yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi namun keterbatasan biaya dapat menghubungi pihaknya. Dengan syarat berprestasi dan berkelakuan baik, bahkan yang mampu namun berprestasi pihaknya juga siap membantu.

“Kebetulan saya pribadi masih terkait sebagai dewan pembina di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia jadi bagi siapapun yang berprestasi dan berkelakuan baik ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi akan saya bantu,” pungkasnya. (fik/adv)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments