Radar Pendidikan

MTsS Wiradesa Bekali Kewirausahaan Lewat Ekskul Tata Busana

MTs Salafiyah Wiradesa

ISTIRAHAT – Suasana istirahat MTs Salafiyah Wiradesa.
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

WIRADESA – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah Wiradesa miliki ekstrakurikuler (ekskul) baru untuk mendukung bekal kewirausahaan bagi para siswanya. Ekskul tersebut ialah tata busana.

“Sebetulnya dulu tata busana ini jadi mulok di sekolah, tapi karena kemudian dihapuskan kami alihkan menjadi kegiatan ekstra,” ujar Wakil Kepala Urusan Kesiswaan MTs Salafiyah Wiradesa, Susi Purwati SE, kepada Radar Pekalongan. Kegiatan tersebut kini sudah dilengkapi dengan fasilitas menjahit berupa mesin jahit yang siap digunakan para siswa untuk mengaplikasikan pola jahitan.

Ekskul yang mayoritas diisi oleh siswa perempuan ini ternyata sengaja dibuka untuk membuka peluang wirausaha kepada mereka. “Misalnya nanti karena suatu hal anak-anak tidak melanjutkan ke jenjang SMA, paling tidak anak-anak sudah dibekali keterampilan menjahit agar bisa membuka usaha sendiri di rumah,” kata Bu Susi, sapaan akrabnya.

Merupakan ekskul warisan mata pelajaran muatan lokal tata busana, pihaknya juga memiliki guru pendamping yang expert terhadap kemampuan mengolah kain menjadi pakaian siap pakai ini. Hal tersebut tentu menjadi nilai positif yang dapat dikembangkan dan disalurkan kepada para siswa.

Dijelaskan pula, kini mata pelajaran muatan lokal (mulok) yang dimiliki oleh MTs Salafiyah Wiradesa ada 4 pelajaran. “Dari ketiga mulok itu ada yang mapel keagamaan dan ada mapel umum,” ujar dia. Diantara muatan lokal tersebut ialah mata pelajaran ke-NU-an (Nahdlatul Ulama), Nahwu Shorof, Kitab, dan Tata Boga. “Dulu tata busana itu jadi mulok, tapi karena tahun ini ganti tata boga akhirnya tata busana kami jadikan ekskul,” ungkapnya.

Pihaknya kini berharap meski sudah tak ada lagi mulok tata busana, namun keahlian para siswa di bidang kewirausahaan khususnya dalam hal menjahit tetap akan terus diberikan. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments