Radar Batang

Parkir Liar Dilegalkan

Parkir Liar

PARKIR – Meski sempat dilarang, namun parkir di depan RSUD Batang akhirnya oleh pihak Dinas Perhubungan diperbolehkan.
NOVIA ROCHMAWATI

Dishub Kejar Terget Pendapatan

Naiknya Target Capaian Retribusi Parkir sebesar Rp1 Milyar di tahun 2018 membuat Dinas Perhubungan (Dishub) kerjar target. Dinas Perhubungan pun berusaha untuk mengoptimalkan titik parkir dibeberapa daerah di Batang. Salah satunya parkir di depan RSUD Batang.

Meski sebenarnya daerah tersebut menjadi percontohan Kawasan Tertib Lalu Lintas, namun sementara ini pihaknya memperbolehkan adanya kawasan parkir di kawasan tersebut. Dengan catatan, pengelola wajib berkontribusi ke kas daerah.

“Memang sebelumnya, di kawasan tersebut diwacanakan jadi percontohan kawasan tertib lalu lintas. Namun ini sendiri masih wacana. Untuk tahun ini sendiri belum ada perintah resmi dari Pak Bupati. Sehingga untuk sementara ini kami tidak melarang adanya aktivitas parkir di sana. Karena memang kami sedang menyisir titik perparkiran yang potensial untuk memenuhi target kami,” terang Kabid Lalu Lintas Hery Priyo Pratomo didampingi KasiPengendalian, Pengaturan Lalu Lintas dan Perparkiran, Novendhi Budhi S.

Pihaknya sudah memberikan edukasi tersebut terhadap pengelola parkir. Pihak pengelola parkir pun diwajibakan membayar retribusi mulai bulan Januari 2018. Pihaknya juga mengimbau para petugas parkir agar dapat memberikan informasi dimana titik-titik potensial yang dapat menjadi peluang pemasukan PAD.

Untuk mencegah terjadinya pungli, pihaknya pun aktif memberikan sosialisasi ke petugas parkir. Khususnya terkait tarif parkir, seperti yang sudah dituangkan Perda nomor 5 dan 6 tahun 2010 yang dikuatkan Perbup nomor 63 tahun 2017. Dimana retribusi parkir Rp1.000 untuk sepeda motor dan Rp.2.000 untuk mobil. Pihaknya pun memberikan karcis sebagai tanda bukti bagi pengendara yang sudah membayar jasa parkir.

“Kami sudah berikan karcis di semua titik parkir resmi yang ada di bawah nauangan Dishub. Dan kami juga sudah memberikan sosialisasi kepada petugas untuk mengenakan tarif parkir sesuai dengan aturan. Yakni Rp1.000 untuk sepeda motor dan Rp.2.000 untuk mobil,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments