Radar Kajen

Dadirejo Jadi Perintis Kampung KB Mandiri

Kampung KB Mandiri

POTONG PITA – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi memotong pita tanda peresmian Kampung KB Mandiri Dadirejo, Senin (12/2).
FAKHRUN NISA

DADIREJO – Desa Dadirejo menjadi perintis Kampung Keluarga Berencana (KB) Mandiri di Kabupaten Pekalongan. Peresmian Kampung KB Mandiri di Desa Dadirejo dilaksanakan Senin (12/2) dan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan, Kepala Dinas PMD P3A dan PPKB, Camat Tirto.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan, Munafah Asip Kholbihi, menuturkan, pendirian Kampung KB Mandiri bisa menggunakan dana desa.

“Ini luar biasa, Dadirejo menjadi perintis Kampung KB Mandiri di Kabupaten Pekalongan biar semua desa bisa mengikuti pendirian Kampung KB Mandiri,” ujarnya saar diwawancarai Radar, Senin (12/2).

Sementara itu, Kepala Dinas PMD P3A dan PPKB Muhammad Afib mengungkapkan, peresmian Kampung KB Mandiri ini diharapkan dapat memfasilitasi seluruh aspek kebutuhan masyarakat mulai dari kebutuhan bayi yang baru lahir hingga remaja, serta aspek pendidikan, kesehatan, dan sosial anak.

“Mudah-mudahan menjadi inspirasi bagi 285 desa yang lain, dan Kampung KB mandiri bisa menjadi kebutuhan masyarakat karena sejatinya membangun masyarakat dimulai dari peranan keluarga,” tuturnya.

Selain peresmian Kampung KB, kegiatan juga dimeriahkan dengan dua posyandu serentak dan Bus Pelayanan KB yang melayani implan dan IUD. Sejumlah 30 akseptor KB yang berasal dari seluruh desa di Kecamatan Tirto mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam acara ini, pemerintah juga memberikan bantuan untuk balita berprestasi tingkat desa pada perlombaan yang telah diadakan sebelumnya. Sejumlah 25 balita kurang gizi juga mendapatkan bantuan dalam acara ini. Desa Dadirejo juga meluncurkan organisasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) bernama Dadirejo Guyub Rukun yang berintegrasi dengan IPNU IPPNU Dadirejo. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments