Radar Kendal

TNI dan Warga Bersihkan Lokasi Banjir

TNI dan Warga Bersihkan Lokasi Banjir

BERSIHKAN – Anggota Koramil 11/Kaliwungu bersama warga Sengkuyung karya bhakti membersihkan lokasi terdampak banjir.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

KENDAL- Anggota Koramil 11/Kaliwungu Kodim 0715/Kendal bersama warga sengkuyung karya bhakti membersihkan lokasi terdampak banjir akibat luapan sungai karena banjir bandang. Karya bhakti dilakukan di Dukuh Proto Wetan dan Proto Kulon di Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Sabtu (10/2).

Tampak TNI bersama warga dengan menggunakan alat cangkul membersihkan material lumpur yang terbawa banjir berada di kedua dukuh baik di jalan dukuh, halaman maupun dalam rumah warga. Selian itu itu juga membersihkan material benda padat lainya yang juga terbawa banjir. Benda-benda padat tersebut diangkut dengan menggunakan mobil doplak untuk dibuang.

“Puluhan rumah di desa ini yang diterjang banjir. Untuk di RT 04, RW01 saja ada 34 rumah, dan 42 rumah di RT 02, RW01 serta 12 rumah di RT12, RW05. Untuk penanganan lebih lanjut Koramil Kaliwungu sudah berkoordinasi dengan Muspika, BPBD dan instansi terkait,” kata Danramil 11/Kaliwungu Letu Inf Widodo.

Banjir akibat luapan sungai tak hanya terjadi di rumah-rumah warga, akan tetapi juga menggenangi jalan raya pantura Kaliwungu. Akibatnya banyak kendaraan mogok akibat nekad menerabasnya. Menurut warga, banjir ini akibat hujan yang terjadi sejak Jumat, sore, dari luapan Sungai Aji dan Waridin.

“Ini banjirnya tambah besar. Biasanya kalau hujan lebat hanya jalan raya terendam setinggi 30 CM dan tidak masuk ke rumah-rumah warga. Biasanya airnya hanya lewat saja dan surut tapi ini tidak,” kata Hadak, warga Kaliwungu.

**Bagikan Nasi Bungkus

Sebanyak 1.460 nasi bungkus dibagikan kepada korban banjir bandang yang berada di tiga kecamatan di Kabupaten Kendal. Nasi berasal dari dapur umum Palang Merah Indonesia (PMI) Kendal. Tiga kecamatan itu, Kaliwungu, Kaliwungu Selatan dan Brangsong.

Sebagai tanggap darurat, PMI bekerja sama dengan camat/kades dan Pemkab Kendal mendirikan dapur umum di Balai Desa Kebonadem, Kecamatan Brangsong. Semua relawan PMI bahu membahu memasak nasi sebanyak satu setengah kwintal beras di bagikan pada korban bencana banjir yang berada di tiga kecamatan.

Camat Kaliwungu Dwi Cahyono mengatakan, sementara sudah tidak ada permintaan makan untuk dapur umum. Jika terjadi bencana susulan maka akan segera mendirikan dapur umum. “Dapur umum di tutup sementara,” kata dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments