Radar Kendal

Pers Diharapkan Semakin Bijaksana

Agus Rifai

Agus Rifai

KENDAL – Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2018 mengundang banyak apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Agus Rifai. Kata dia, hari pers nasional sejatinya merupakan momentum bagi para jurnalis untuk mengenang bagaimana kebebasan pers dapat diraih dengan cara yang tidak mudah.

“Bayangkan saat masa orde baru bagaimana pers sangat dibatasi, untuk menulis suatu beritanya saja taruhannya nyawa. Maka dari itu peringatan hari pers ini harus dijadikan momen perubahan agar pers semakin baik dan profesional,” ungkapnya.

Selain itu, pers juga harus selalu menyajikan berita yang berkualitas artinya menghindari berita hoax yang saat ini meresahkan masyarakat dan secara tidak langsung berpengaruh terhadap citra pers. Pers diharapkan hadir sebagai penyambung lidah masyarakat dan juga penyambung suara pemerintah. Peran pers sangatlah signifikan untuk membantu terdistribusinya informasi karena tanpa media informasi hanya akan menjadi data saja.

“Dengan adanya pers maka informasi dapat sampai ke pendengar, pembaca dan juga penonton,” imbuhnya.

Ia juga berharap pers semakin bijak untuk memuat-memuat berita agar tidak mengkeruhkan suasana jika sedang terjadi persoalan di negeri ini artinya pers diharapkan menjadi bahan klarifikasi informasi yang beredar bukan sebaliknya membuat persoalan semakin panas.

“Harus sesuai fakta dan jangan menambah bumbu-bumbu pada satu persoalan agar tidak semakin panas,” pungkasnya. (fik)

Penulis: Akhmad Taufik | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments