Features

Menilik Sentuhan dan Penataan Baru Pantai Wonokerto

*Pilihan Tepat Habiskan Weekend Bersama Keluarga

Pantai Wonokerto kini menjadi andalan wisata pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Pekalongan. Penataan baru kian menambah ramai pengunjung. Seperti apa? EKA ISDITYA, WONOKERTO

Menilik Sentuhan dan Penataan Baru Pantai Wonokerto

BERKUNJUNG – Warga sekitar berkunjung menikmati suasana Pantai Wonokerto, Minggu (11/02).
EKA ISDITYA / RADAR PEKALONGAN

PANTAI Wonokerto menjadi satu wisata pantai andalan di Kabupaten Pekalongan, selain Pantai Depok yang terletak di Desa Depok Kecamatan Siwalan. Selain akses yang mudah dan jarak yang tidak begitu jauh dari jalan pantura, pantai ini kian ramai dipadati pengunjung terutama saat libur sekolah.

“Paling ramai hari Minggu sama Jumat,” ujar salah seorang pedagang, Difa, kepada Radar Pekalongan, Minggu (11/02).

Pantai Wonokerto rupanya telah menjadi pilihan keluarga untuk menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga. Layaknya orang piknik, para pengunjung juga tak sedikit yang membawa peralatan berteduh serta bekal makanan untuk menambah keceriaan berlibur bersama keluarga. Tak jarang pula pengunjung rombongan berbondong-bondong menikmati pantai yang kini mulai dioperasikan sistem parkir dan penataan yang lebih sistematis ini.

Di sepanjang bibir pantai, rupanya telah banyak ditumbuhi oleh tanaman-tanaman hias seperti pohon cemara pantai yang kian menambah keasrian Pantai Wonokerto. Selain digunakan sebagai tempat berteduh, pohon cemara tersebut juga seringkali digunakan sebagai spot foto bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen berfoto bersama dengan suasana pantai yang indah.

Selain pohon cemara pantai, pengelola juga telah merancang hiasan-hiasan bertemakan Pantai Wonokerto yang sengaja dirancang sebagai spot foto selanjutnya. Keterampilan dan ide-ide semacam ini rupanya telah mampu menyedot pengunjung untuk kian meramaikan tempat wisata murah meriah ini.

Slogan-slogan yang mengunggulkan keelokan Pantai Wonokerto kian menjadi pelengkap spot selfie terutama bagi kawula muda. Rupanya para warga maupun pengelola terlihat kooperatif untuk membangun dan meningkatkan nilai keindahan Pantai Wonokerto. Tidak hanya itu, pengelola juga kini telah menata spot kantin yang kini mulai tertata rapih. Para pedagang berjajar dengan membuka tenda-tenda serta meja kursi sebagai tempat istirahat para pengunjung.

Selain itu, akses jalan menuju pantai kini juga sudah kian diperbaiki. Jalan beraspal, serta peninggian telah dilakukan meski bencana rob masih sering menerjang rumah-rumah warga sekitar Pantai Wonokerto. Pemerintah yang dalam hal ini ditangani oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pekalongan juga turut memperhatikan pengembangan pantai yang terletak di Desa Wonokerto Kulon ini.

Pada tahap pengembangan dan peningkatan produktivitas Pantai Wonokerto, rupanya telah banyak memberikan manfaat bagi beberapa pihak, diantaranya para warga sekitar yang turut menjadi pengelola maupun berdagang di area pantai.

Libur akhir pekan menjadi waktu strategis untuk membuka dagangan karena pada saat itulah wisata Pantai Wonokerto kian padat didatangi pengunjung. Banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk menikmati keindahan dan panorama pantai. Terlebih anak-anak yang memanfaatkan waktu untuk sekedar bermain pasir maupun bermain bola di sepanjang bibir pantai.

Namun pihak pengelola juga tak henti-henti mengingatkan kepada para pengunjung agar senantiasa berhati-hati ketika bermain di area pantai, terlebih para orang tua yang membawa putra-putrinya. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diharapkan dan dapat membahayakan keselamatan para pengunjung.

Dengan adanya kerjasama yang baik dari semua pihak, tentu akan menjadikan tempat wisata aman, nyaman dan menyajikan kepuasan bagi para wisatawan. (*)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments