Radar Pendidikan

Pentingnya Perawatan Tanaman Langka

Pentingnya Perawatan Tanaman Langka

BERFOTO – Siswa dan guru Sekolah Alam Pekalongan berfoto bersama dalam kunjungan di Kawasan Wisata Gunung Selok, Selasa (19/12).
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

*Sekolah Alam Pekalongan

PEKALONGAN – Keluarga besar Sekolah Alam Pekalongan mengajarkan pentingnya perawatan tanaman langka dan endemik kepada siswa. Pengajaran tersebut dilakukan dalam kunjungan di Kawasan Wisata Gunung Selok Cilacap Jawa Tengah, Selasa (19/12).

Direktur Sekolah Alam Pekalongan, Ika Nela Sutiyani SH, menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian ke-3 dari kegiatan rutin bulanan Jaringan Sekolah Alam Nusantara (JSAN) regional Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Dari kegiatan tersebut siswa Sekolah Alam Pekalongan mendapatkan pengetahuan tentang berbagai macam jenis tanaman langka dan endemik di Gunung Selok,” ujarnya kepada Radar.

Nela, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bekerja sama dengan Pertamina refinery Unit IV Cilacap dan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA). Menurut Nela, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa cara merawat dengan mereboisasi tanaman yang mati dengan tanaman yang baru.

“Siswa dapat mengetahui bagaimana cara merawat tanaman dengan baik. Mereka juga membersihkan semak di sekitar tanaman dan mengukur tinggi serta mendata kondisi tanaman. Kami juga mengenalkan 101 tanaman langka kepada siswa,” jelasnya.

Kegiatan ini berkaitan dengan kurikulum di sekolah alam yang mengarahkan pada pendidikan berbasis alam sebagai metode dan laboratorium dalam sekolah kehidupan. Termasuk dalam hal ini adalah mengenalkan konservasi terhadap lingkungan. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments