Metro Pekalongan

Dikmas Lantas, Sejumlah Polwan Ingatkan Pengendara untuk Patuhi Aturan

Dikmas Lantas

SIMPATIK – Anggota Satlantas Polres Pekalongan Kota secara simpatik mengingatkan pengendara untuk tidak menggunakan HP saat berkendara dan aturan tertib lalu lintas lainnya.
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pekalongan Kota melakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas kepada sejumlah pengendara di Kota Pekalongan, kemarin.

Kegiatan ‘Dikmas Lantas’ ini dilakukan secara simpatik di sejumlah traffic light. Salah satunya di simpang Alun-Alun, Jalan KH Wahid Hasyim. Sosialisasi ini melibatkan sejumlah anggota Polwan Satlantas Polres Pekalongan Kota.

Terpantau, beberapa Polwan berparas ayu itu mendekati sejumlah pengendara ketika lampu lalu lintas menyala merah. Terutama, pengendara sepeda motor yang kedapatan memakai helm tapi tidak mengaitkan tali helmnya dengan benar, alias belum ‘klik’. Para polwan ini juga mendatangi pengemudi mobil yang kedapatan tidak mengenakan sabuk keselamatan.
Selain itu, sejumlah pengendara sepeda motor ataupun mobil yang kedapatan menggunakan HP sembari berkendara juga didatangi.

Para pengendara tersebut diingatkan untuk mematuhi aturan tertib berlalu lintas. Antara lain pengendara sepeda motor harus mengenakan helm secara benar, pengendara mobil harus mengenakan sabuk keselamatan, dan larangan pengunaan HP saat berkendara.

Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Rachmawati, melalui Kanit Dikyasa Ipda Budi Winarso menuturkan bahwa Dikmas Lantas ini merupakan langkah simpatik sebagai bagian dari sosialisasi tertib berlalu lintas bagi para pengguna jalan.

“Kita melaksanakan dikmas lantas untuk pengguna jalan. Khususnya pertama, mengingatkan pengendara sepeda motor tentang penggunaan helm, yang tali helmnya belum dikaitkan agar dikaitkan. Lalu penggunaan sabuk keselamatan, tadi ada beberapa pengendara mobil yang lupa tidak memakai sabuk keselamatan, kita ingatkan agar sabuk keselamatan dikenakan,” jelas Budi.

“Yang tak kalah penting juga terkait penggunaan HP. Sesuai ketentuan Undang-Undang, menggunakan HP saat berkendara tidak diperbolehkan karena sangat berbahaya. Kita ingatkan ke pengendara agar kalau mau menggunakan HP, harus menepi dahulu dan berhenti di tempat yang aman,” sambungnya.

Selain memberikan imbauan dan peringatan ke para pengendara, kegiatan tersebut diselingi pula dengan pembagian stiker dan leaflet ke para pengguna jalan, serta membentangkan spanduk, yang isinya berbagai imbauan tertib berlalu lintas, imbauan agar mengutamakan keselamatan, menyadari bahwa keselamatan adalah kebutuhan, dan imbauan untuk mematuhi segala rambu-rambu.

“Kita berharap dengan sosialisasi seperti ini masyarakat semakin sadar akan pentingnya mematuhi segala aturan tertib berlalu lintas demi keselamatan mereka maupun orang lain. Stop pelanggaran, stop kecelakaan. Keselamatan untuk kemanusiaan,” pungkasnya. (way)

Penulis: Wahyu Hidayat & Redaktur: Abdurrahman

Facebook Comments