Radar Tegal

Pers Dukung Pilkada Damai

Pers Dukung Pilkada Damai

BACAKAN SIKAP – Ketua PWI Kota Tegal membacakan pernyataan sikap, Jumat (9/2).
K. ANAM SYAHMADANI

INSAN Pers di Kota Tegal menegaskan mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang dilaksanakan serentak agar bisa berlangsung dengan damai. Ini disampaikan dalam aksi damai yang diadakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tegal untuk memperingati Hari Pers Nasional di Pertigaan Yogya Mall, Jumat (9/2).

Hari Pers Nasional mengangkat tema Pers Sebagai Alat Pemersatu Bangsa. “Pers harus menyajikan informasi untuk mencerdaskan masyarakat, tanpa harus menimbulkan perpecahan,” ujar Ketua PWI Kota Tegal M Sekhun. Dengan Pilkada yang berlangsung damai, Sekhun berharap pesta demokrasi menghasilkan pemimpin harapan masyarakat.

Dalam aksi damai ini, PWI sekaligus mengeluarkan pernyataan sikap sebagai respons atas adanya sekelompok orang yang mengaku wartawan untuk mencari keuntungan pribadi. PWI sangat mengecam keras tindakan itu karena sangat merugikan nama baik wartawan di mata masyarakat. Karena itu, PWI mendorong kepolisian mengusut kasus tersebut secara tegas dan tuntas.

PWI mengimbau masyarakat yang menemui kasus serupa agar tidak segan melaporkannnya ke kepolisian. Sekhun menerangkan, kerja wartawan diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Wartawan dalam kerjanya adalah mencari data, memverifikasi, menulis, dan menyajikannya untuk menjadi sebuah berita, dengan rambu-rambu Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Menurut Sekhun, wartawan merupakan profesi yang mulia. “Dewan Pers akan melakukan pendataan kembali terhadap perusahaan pers. Ke depan, semua wartawan harus mengantongi sertifikasi,” ungkap Sekhun. Selain membacakan pernyataan sikap, dalam aksi damainya PWI membagikan es krim kepada pengguna kendaraan serta membentangkan spanduk.

Spanduk tersebut bertuliskan seperti Pers Alat Pemersatu Bangsa, Pers Sehat Tidak Memeras, dan tulisan lainnya. Selanjutnya, pernyataan sikap PWI disampaikan kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Hendiati Bintang Takarini di kantornya, Komplek Bali Kota. Bintang menyampaikan selamat dan mengajak insan pers untuk terus berkontribusi dalam pembangunan.

“Kepada para wartawan agar tetap menjaga kredibilitas, obyektivitas, dan independensi,” pesan Bintang. (nam)

Facebook Comments