Politik

Verifikasi Faktual, Dua Parpol Tidak Memenuhi Syarat

Verfak, Dua Parpol TMS

HASIL VERFAK – Hasil verifikasi faktual (Verfak) KPUD Kendal, dari 16 Parpol yang mendaftar ada dua Parpol tak memenuhi syarat (TMS), yakni PBB dan PKPI.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

*Dari 16 Parpol Mendaftar

KENDAL – KPU Kabupaten Kendal menyatakan menyatakan 2 dari 16 partai politik (parpol) di Kabupaten Kendal tidak memenuhi syarat (TMS). Hal itu terungkap dari hasil verifikasi faktual (Verfak). Dua parpol yaitu Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan Persatuan Indonesia(PKPI). Hasil verifikasi diumumkan dalam Rapat Pleno Terbuka Kamis (8/2) di Ruang Pertemuan Hotel Sae Inn Kendal.

Ketua KPUD Kendal, Wahidin Said, Jumat (9/2), membenarkan. Kata dia, yang diverifikasi meliputi kepengurusan Parpol, yakni ketua, sekretaris, bendahara, keterwakilan 30 persen perempuan dan domisili kantor tetap.

“Selain itu juga verifikasi terhadap keanggotaan terkait KTA dan KTP,” kata dia.

Dikatakan, hasil verifikasi bahwa ada 14 Parpol dinyatakan memenuhi syarat (MS), yakni PKB, Golkar, PAN, PKS, PDIP, Nasdem, Demokrat, Hanura, Gerindra, Partai berkarya, Partai Garuda, PSI dan Perindo. Adapun dua Parpol, PKPI dan PBB dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Semua perwakilan dari parpol tersebut menerima hasil verifikasi tersebut,” tukas dia.

Diungkapkan, selanjutnya KPUD Kendal akan menyampaikan hasil verifikasinya kepada KPU Provinsi Jateng. KPUD Kendal tidak punya kewenangan memutuskan keikutserataan parpol pemilu 2019. Karena, keputusan ada pada KPU Pusat. Sedangkan KPUD Kendal hanya menyampaikan hasil verifikasinya kepada KPU Provinsi.

“Keputusannya nanti ada pada KPU Pusat, berdasarkan hasil verifikasi secara menyeluruh dari KPU di semua provinsi,” ungkap dia.

Sementara itu Sekretaris DPC PKPI Kendal, Satria, tetap optimis bisa berpartisipasi pada pemilu 2019 mendatang. “Walaupun di Kendal hasilnya tidak memenuhi syarat, semoga saja hasil verifikasi PKPI di daerah lainnya memenuhi syarat,” kata dia.(nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments