Politik

Verifikasi Faktual, Empat Partai Politik Belum Penuhi Syarat

Verfak, 4 Partai Politik Belum Penuhi Syarat

BELUM PENUHI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal, rampung melakukan virifikasi faktual (Verfak). Hasil Verfak, empat dari 16 partai politik dinyatakan belum memenuhi syarat.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

*Diminta Lakukan Perbaikan

KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal, rampung melakukan virifikasi faktual (Verfak). Diketahui Verfak dilakukan dari tanggal 30 Januari hingga 1 Februari 2018. Tujuannya untuk memastikan keabsahan dari partai politik tersebut. Hasil Verfak, empat dari 16 partai politik dinyatakan belum memenuhi syarat sehingga diminta untuk melakukan perbaikan ulang.

Ketua KPU Kendal, Wahidin Said mengatakan, empat parpol yaang belum memenui syarat adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

“Yang belum lolos verfak empat Parpol, alasanya beda-beda. Seperti, PPP belum dinyatakan lolos karena Ketua DPC PPP tidak dapat hadir saat Verfak karena sedang Umroh, kemudian untuk partai Berkarya belum dinyatakan lolos verifikasi karena SK Pengurus yang dilampirkan merupakan SK pengurus yang lama,” kata dia, Jumat (2/2).

Adapun partai lainnya seperti PBB dinyatakan belum memenuhi syarat karena saat dilakukan Verfak seluruh pengurus dan anggota partai tidak berada di kantor partai itu. Berbeda halnya dengan PKPI, saat dilakukan Verfak, Partai tersebut tidak dapat menujukan dokumen administrasi yang KPU minta. Proses perbaikan ini dilaksanakan pada tanggal 3 sampai 5 untuk melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi.

“Apabila lebih dari waktu itu maka para partai itu tidak terverifikasi,” tandas dia.

Ketua DPD Partai Berkarya, Agus Saiful mengatakan, tidak ada masalah dalam pengurusan partainya. Namun hanya kesalahan saat melampirkan data SK Pengurus. Bahkan pihaknya sudah melakukan perbaikan dengan melampirkan SK pengurusan yang baru.

“Sudah diganti kok dengan SK pengurus baru melalui Sispol KPU. Kebetulan waktu kami melampirkan kami menginputnya SK pengurus yang lama. Tapi kami telah dinyatakan memenuhi syarat,” kata dia. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments