Radar Tegal

Pantura akan Jadi Kawasan Industri

Pantura akan Jadi Kawasan Industri

RAPAT – Ketua Pansus XI DPRD Kabupaten Tegal Agus Salim memimpin rapat dengan sejumlah anggotanya dan dinas terkait, kemarin.
YERRY NOVEL

SLAWI – Tiga kecamatan di wilayah pantura Kabupaten Tegal akan disulap menjadi kawasan industri. Rencana itu, sedang dalam pembahasan Panitia Khusus (Pansus) XI DPRD Kabupaten Tegal.

“Kami sedang membahas itu, termasuk Perdanya juga sedang kami bahas,” kata Ketua Pansus XI Agus Salim, kemarin.

Dia mengungkapkan, Perda yang dibahas saat ini merupakan revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Tahun 2012-2032. Setiap lima tahun sekali, Perda itu memang harus dibahas atau dievaluasi untuk mengetahui sejauh mana RTRW di wilayah Kabupaten Tegal. Hasil awal dari pembahasan itu, Pansus XI menawarkan agar tiga kecamatan di wilayah pantura dijadikan sebagai kawasan industri. Ketiga kecamatan itu yakni, Kramat, Suradadi dan Warureja.

“Kalau dulu cuma Kramat dan Margasari saja. Tapi sekarang kami mengusulkan tiga kecamatan (Kramat, Suradadi, Warureja). Kami juga mengusulkan wilayah Cacaban menjadi kawasan industri,” kata Ketua Fraksi PKB ini.

Di wilayah Cacaban, lanjut Agus, luasnya sekitar 1000 hektar. Namun, usulannya itu belum bisa dipastikan karena pembahasannya belum final. Termasuk bekas galian C milik PT Waskita Karya di Desa Karangmalang, Kecamatan Kedungbanteng seluas 10 hektar. Tanah perbukitan yang digunakan untuk tanah uruk jalan tol Trans Jawa itu, nantinya akan dihibahkan kepada Pemkab Tegal.

“Di situ (bekas galian C) juga kami usulkan untuk kawasan industri. Tapi kami terkendala dengan akses jalannya,” ujarnya.

Selain akses jalan yang menjadi kendala, pihaknya juga pesimis karena di wilayah Desa Karangmalang merupakan zona hijau. Apabila di tempat tersebut dijadikan kawasan industri, tentunya akan mengurangi lahan pertanian. Sedangkan, Kabupaten Tegal ditarget luasan pertanian oleh Pemerintah Provinsi Jateng sebanyak 41 ribu hektar.

“Makanya belum ada kesepakatan. Pembahasan ini akan kami lanjutkan pada 26 Februari 2018,” imbuhnya. (yer)

Facebook Comments