Radar Kajen

Soroti Pelayanan Kesehatan

Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan menyoroti pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas yang ada di Kota Santri. Dalam peningkatan pelayanan Puskesmas juga harus memperhatikan kesejahteraan pegawai.

Demikian dikatakan Sekretaris Komisi B DPRD Kabupaten Pekalongan, Sofyan Sumadi, saat kunjungan ke Puskesmas Kesesi, kemarin. Menurutnya, Puskesmas sekaran sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), untuk itu maju tidaknya dan baik tidaknya ada di pegawai dalam memberikan pelayanan.

“Untuk meningkatkan pelayanan harus diimbangi dengan kesejahteraan pegawai, bagaimana mau melayani masyarakat dengan baik dan benar kalau kesejahteraan saja diabaikan. Apalagi Puskesmas merupakan tempat layanan kesehatan, dimana masyarakat pasti membutuhkanya,” terangnya.

Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengkritisi pelayanan karena banyak kabar bahkan masukan-masukan ke DPRD, bahwa dalam memberikan pelayanan Puskesmas kurang maksimal. Terutama bagi masyarakat yang menggunakan BPJS atau Jamkesda.

“Kami berharap ditahun 2018 ini semua Kepala Puskesmas sadar dan mengetahui karyawan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pintanya.

Seperti diketahui, wacana adanya pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kesesi kini sudah ada titik terang. Adapun lokasi Rumah Sakit terletak di sebelah utara Puskesmas Kesesi I, yang rencananya akan dibangun mulai tahu 2018 ini.

Dalam kunjungan rombongan Komisi B DPRD dipimpin oleh Ketua Komisi, Saeful Bahri didampingi sekretaris, H. Sofwan Sumadi dan sejumlah anggota. Wakil rakyat ditemui langsung oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan, Setiawan dan Kepala Puskesmas Kesesi I, Novan dan sejumah staf lainnya.

Kunjungan untuk Komisi B DPRD itu dilakukan untuk mengetahui sekaligus evaluai penyerapan anggaran 2017. Kemudian pelaksanaan APBD 2018, dan mengenai pengembangan adanya Puskesmas Kesesi I menjadi RSUD Kabupaten Pekalongan di sebelah barat. (yon)

Penulis: Triyono & Redaktur: Widodo Lukito

Facebook Comments